Sabtu, 15 Oktober 2011

pulau karimun


skrinsyut pulau menjangan kecil.
sore ini saya mendapat surprise. blog baru bolehnya saya mondok di wordpress mendapat 1 komen. komen ini gag sembarang komen,  tokoh yang sangat disegani di blogsphere maupun di jagad hiburan nasional. langsung saja ini requestnya saya posting. karimunjawa. pulau yang berjarak 90 KM dari jepara atau 120 KM dari pelabuhan tanjung mas semarang ini ternyata memikat beliau. saya 4 kali kesana. kali pertama adalah medio juni 2007 ini diikuti dengan perjalanan perjalanan lain yang sangat menyenangkan. ini rute yang bisa ditempuh jika ingin berkunjung ke karimun.
1. via pelabuhan kartini jepara dari semarang anda naik kendaraan umum turun terminal jepara baru. dari terminal jepara sudah dekat dengan pantai kartini. disini lah kapal feri pengangkut kita berlabuh. jarak 90 KM ditempuh 6 jam menggunakan kapal ini. tapi bisa kurang bisa lebih. kalau anda lagi beruntung bisa 4 jam. ini tergantung pada ombak yang kadang menghambat perjalanan kita dan kesehatan kapal. kapal berangkat hari sabtu dan kadang hari kamis. tiket bisa ditebus sekitar 35000 rupiah kalau belum naik sekitar segitu. sampai dikarimun sekitar pukul 13.00 perjalanan yang panjang dan melelahkan. saya pernah 1 kali via jepara. sangat menarik memang. tapi agak sedikit capek.
2. via pelabuhan tanjung mas semarang(kalau berdompet lumayan)—>kapal kartini 1 dari terminal terboyo langsung saja mengambil bis kota jurusan lewat terminal poncol. dari situ mbecak saja sampai kepelabuhan. pemberangkatan kapal jam 6 pagi. jangan terlalu siang datengnya. disamping telat nanti kena ROB. cari tiket ke karimun di loket dengan tarif 150rb untuk vip. 125 ribu untuk kelas A. 100ribu untuk kelas B. sebenarnya sama saja. hanya letak tempat duduknya saja yang berbeda. jarak 110 KM(sedikit lebih jauh) tapi jarak tempuh lebih cepat karena kapal kartini 1 lebih cepat dan gesit dari pada kapal dari jepara. sampai di karimun sekitar pukul 11.00 lantas apa yang kita lakukan setelah disana. biasanya information center nya sering ngaco. disarankan pake biro saja. ini yang harus dilakukan ketika sampai(kalau tidak menggunakan biro perjalanan).
1. pastikan tidak ada barang yang tertinggal dan bergegas turun.
2. langsung mencari hotel terdekat. radius 2 KM banyak hotel baik kepunyaan pemerintah, swasta asing, ataupun milik penduduk sekitar.
3. setelah mendapat hotel langsung mencari pak ARI nmr HP hubungi saya. disana ada beberapa yang mengakomodir kita. istilahnya kita membeli paket wisata. seharga 300ribu. kita dapat tour keliling pantai2 di pulau karimun(karimunjawa kepulauan ada 27 pulau. ex : kora kora, nyamuk, menjangan besar, menjangan kecil, karimun). paketnya meliputi penginapan(kalo anda belum dapat), makan 5X, transportasi dari pulau kepulau. biasanya menyediakan alat2 scuba dan sorkling seharga 25 ribu sehari (snorkling).
4. setelah semuanya dapat tour pun langsung dimulai. siapkan diri anda dan manjakan mata anda dengan perjalanan sepanjang karimun jangan bayangkan aspal halus disana. semuanya masih batu alam. hanya sebagian kecil saja yang beraspal. tour dimulai dari menyisir pantai pantai indah dikarimun(agak lupa namanya saking seringnya menyebut nama) kemudian tiba di pelabuhan untuk menikmati sunset yang sangat indah.

ini skrinsyut pulau menjangan besar.
dipagi harinya siapkan diri untuk tour de karimun archipelago (halah berlebihan). yang pertama kita ke pulau menjangan kecil(skrinsyut diatas) disana terhampar pulau yang sangat indah yang tidak berpenghuni(ada dink, pemilik kebun kelapa yang siap memetikkan kelapa muda buat kita)

ini lebih dekatnya pulau menjangan kecil. bayangkan sampeyan bulan madu disini. gag ada yang mengganggu sampeyan mau lari lari sambil bugil di pulau ini. pasirnya putih dan sangat bersih. tapi hati hati terhadap bulu babi. ini sangat berbahaya. waspada juga ikan barakuda. ini musuh utama nelayan karimunjawa(sekali tubruk kaki patah). silahkan menikmati pulau ini sepuasnya. sebelum sampai pulau ini boat yang membawa sampeyan akan berhenti ditengah laut guna melihat taman bawah laut.silahkan nyelam sepuas puasnya disini. taman bawah laut 1-2 meter dibawah anda. mengagumkan dan menakjubkan. apalagi kalau mau diving (inzaghi yang jago) akan lebih hebat lagi.
selepas dari menjangan kecil ke menjangan besar untuk melihat penangkaran hiu(sayang sekali gambar saya hilang) disini saya mendapat musibah. HP nokia comunicator saya nyemplung ke laut(labur bunga pas kesana) sehingga gambar2 saya hanya minta dari teman2 yang ndoyok bareng saya. melihat penangkaran hiu dari dekat. sampeyan kalau mau berenang juga sangat aman.ngga akan digigit (i did it, i swore). sepuasnya berenang disana. ada ikan finding nemo juga(lupa namanya). perjalanan saya menjelajah karimun cuma hanya sampai segitu. karena keterbatasan kantong. sebenarnya saya kepingin ketemu om saya di pulau nyamuk. tapi katanya itu masih 1 hari perjalanan darat dan menyeberang. saya urungkan pula niat saya untuk ke korakora resort. mr john im so sorry i cant join your invitation to korakora. gila aja, nambatin perahu aja 200ribu. belum charge per orangnya.
sangat ingin sebetulnya. tapi karena keterbatasan uang dan jauhnya kora kora resort(pulau ini udah bukan punyae indonesia lagi. udah dibeli mr jhon orang swedia–>klo gag salah) setelah semua tour selesai. siap siap kembali ke hotel buat packing pulang. perahu jam 14.00 ah, masih ada 1 jam untuk mencari souvenir. disini orangnya kurang pintar membuat kerajinan. mereka hanya membuat pernik pernik, hiasan, membuat tongkat dan tasbih dari kayu setigi dan kayu dewandaru. mitosnya kayu ini membuat orang yang memegang sukses. beragam gantungan kunci juga ada disana. oiya, banyak juga ikan asin yang sudah dikeringkan. jambal, teri dan macam macam lagi. ada juga kaus kaus bertuliskan karimunjawa (disemarang banyak). jam 14.00 saya meninggalkan karimun kembali. kartini 1 sudah menunggu saya dan membawa saya ke semarang lagi. dari atas kapal sunset perlahan lahan datang. semburat kuning yang selalu membuat saya terhenyak nampak sangat indah. saya serasa berlayar diatas emas. sangat indah.
karimun. nantikan aku..
akan kubawa gadisku kepelukanmu..
biar kaki kaki jenjang melangkah dipasir putihmu…
akan kubiarkan anakku menghirup udara pantaimu…
akan kutanam ari ari nya di sasakamu…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar