Fish

Sabtu, 11 Februari 2012

Pulau Nusa Barong


JEMBER - Jember ke depan bakal mempunyai tempat wisata alam dan bahari yang tak kalah dengan daerah lain. Kawasan yang akan dirombak menjadi tempat wisata alam dan bahari itu adalah Pantai Puger dan Pulau Nusa Barong. Untuk mewujudkan itu Bupati Jember M.Z.A Djalal Rabu (15/10) mengunjungi pantai Puger dan Nusa Barong. Selain mengajak beberapa kepala dinas, Bupati Djalal juga mengajak dua investor asal Surabaya untuk melihat langsung potensi dan keindahan pantai yang berbatasan langsung dengan pantai Selatan itu.
Rombongan Bupati dan pejabat pemkab yang berangkat dari Pantai Pancer sekitar pukul 10.00 tiba di Teluk Jeruk Pulau Nusa Barong sekitar pukul 11.00. Bupati Djalal berkeyakinan bisa merubah Pantai Puger dan kehidupan masyarakatnya menjadi yang lebih baik lagi. ‘’Untuk merubah semua ini harus mendapat dukungan dari semua pihak khususnya masyarakat Puger, tempat wisata ini bisa dirubah menjadi tempat wisata yang lebih modern, ‘’ katanya.
Untuk mewujudkan rencana itu memang membutuhkan anggaran yang cukup besar. Untuk itu pemkab akan mengajukan proposal ke provinsi dan pemerintah pusat.
Selain itu, pihaknya juga terus melakukan studi banding ketempat-tempat wisata lainnya. ‘’ Insya Allah 2009 akan dimulai dengan pembangunan fisik yang mendukung untuk menuju wisata internasional’’katanya.
Langkah pertama yang akan dilakukan adalah memperbaiki jalur menuju dermaga dan membangun tempat bersandarnya kapal nelayan. Saat ini kata Djalal tidak semua warga puger bisa datang ke Nusa Barong. ‘’Kalau sudah disulap menjadi tempat wisata tidak hanya warga Jember saja yang datang tapi dari luar Jember dan mancanegara,’’ ujarnya. Sehingga, selain memiliki pantai Watu Ulo nantinya Jember akan memiliki wisata lain yaitu Puger dan Nusa Barong.
Nusa Barong kata Djalal mempunyai potensi yang di kelilingi perikanan kelautan dan wisata alam dan cagar alam. Secara kelembagaan pihak BKSDA kata dia juga mendukung dan mengusulkan Nusa Barong untuk dijadikan wisata alam. (jum/Erje)

JADI DAYA TARIK:

JADI DAYA TARIK:
Keindahan Perairan Teluk Jeruk saat air surut bisa menjadi daya tarik wisatawan

DINDING PADAS:

DINDING PADAS:
Sebuah jukung melintas di bawah karang setinggI puluhan meter meter di salah satu sudut pulau Nusa Barong.

MINIM TANGKAPAN:

MINIM TANGKAPAN:
Minimnya ikan membuat perahu besar ini ikut mencari ikan di tepian Nusa Barong

SURGANYA PEMANCING:

SURGANYA PEMANCING:
Air laut yang tenang di sisi utara Nusa Barong menjadi surga bagi para pemancing.

BUKIT TERBELAH:

BUKIT TERBELAH:
Hantaman ombak Samudra Hindia telah mengikis bukit karang ini hingga tinggal separo dan membentuk lubang yang menganga.

PIRAMID KARANG:

PIRAMID KARANG:
Karang di sebelah Teluk Kandangan tempat bertelurnya penyu di sisi selatan Nusa Barong.Karang di sebelah Teluk Kandangan tempat bertelurnya penyu di sisi selatan Nusa Barong.

Lambaian Pejabat

Lambaian Pejabat
Jajaranpejabat Pemkab Jember usai pulang dari Nusa Barong

SAPA NELAYAN:

SAPA NELAYAN:
Bupati Djalal menyapa para nelayan asal Payangan Watu Ulo yang mencari ikan di Pulau Nusa Barong.

TINJAU LANGSUNG:

TINJAU LANGSUNG:
Bupati Djalal dan dua investor melihat Peta Nusa Barong Sudarno, staf Kecamatan Puger

UWIH…, DINGINNYA!:

UWIH…, DINGINNYA!:
Bupati Jember M.Z.A. Djalal dan Wabup Kusen Andalas bersama pejabat Pemkab Jember merasakan dinginnya perairan Teluk Jeruk

Meluncur:

Meluncur:
UNTUK menuju Pulau Nusa Barong, rombongan mengunakan speed bout.

BERSANTAI:

BERSANTAI:
Sambil menunggu air pasang, beberapa kepala dinas Pemkab Jember menghabiskan waktu dengan tiduran di pinggir pantai Nusa Barong.

Rehat Dulu AH!

Rehat Dulu AH!
Setelah kelelahan menempuh perjalan jauh, Bupati Djalal menyempatkan istirahat sejenak bersama kepala dinas lainnya sambil menunggu air laut pasang hingga sore.

WISATA ALAM:

WISATA ALAM:
Keindahan sekeliling pulau Nusa Barong yang masih dipenuhi pepohonan menghijau.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar